Friday, September 26, 2008

memori 10 September ...(dihadiahkan sebuah surga)

bulan september masih terngiang, walaupun mulai merangkak pada akhir dan menuju keawal bulan yang baru. Tinggal 4 hari lagi (sekarang 26 september...) :)

ada banyak memori indah tentang tanggal 10 kemaren, yg bertepatan dengan hari kelahiranku. Dan yang paling berkesan, adalah perayaan ulang tahunku (masyaAllah...ini kado terindah bagiku). tepatnya pada tahun 2005 silam yang bertepatan juga dengan KKNku (Kuliah Kerja Nyata) diDesa Bassaran Kecamatan Malua kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan.

beberapa tahun silam tersebut, hari kelahiranku seakan sangat berarti...perayaan yang kuanggap sangat istimewa, bukannya dirayakan dengan sangat mewah, sunggu...acaranya terbilang sangat sederhana namun dengan suasana yang sangat meriah. Saat itu, aku ditemani beberapa teman KKNku merayakan hari kelahiranku disebuah rumah yang sederhana namun bak Istana yakni dikediaman mace - pace (orang tua kami yang dengan sabar menerima kami menjadi bagian dari keluarganya selama sebulan penuh, rumah tinggal kami saat KKN).

Perayaannya sendiri bukan atas keinginanku, awalnya biasa saja namun yang membuatnya meriah adalah kehadiran anak-anak kampung bassaran. yah..merekan merayakannya...sungguh sangat terharu diri ini, hanya dari sebuah kesederhanaan dapat menghasilkan sebuah yang sangat istimewah. Selain dukungan teman2ku (yang sebenarnya bisa dibilang -trouble maker- diacara ulang tahunku, hehehe...don't worry fren, karena kalian ada maka hari itu adalah hari yang sangat indah...).

kue tart yang dihiasi lilin...hehehe..kalo yang satu ini memang tidak ada, namun setidaknya ada pengantinya yaitu sebuah kue (entah apa namanya, mungkin bisa dibilang kue agar2 yg dibuat sang pengunjung (adek2 satu kampus yang kebetulan berkunjung di tempat KKN kami) yang berbentuk seperti donat dan dipasangkan sebuah lilin tepat ditengahnya yang bolong, beda dengan kue ultah pd umumnya yg mana lilin menempel pada kuenya, nah ini menempel pada piringnya...:D. belum lagi hiasan pinggirnya...jangan berpikir buah stowberry yang menghiasinya namu buah yang banyak dijumpai didaerah sana yakni SALAK :D. aneh memang, dan benar saya tidak mencicipi kue ultah itu bersamaan dengan salak. hehehe...kuenya dilahap habis dulu baru disusul salaknya...nikmatnya...

sama seperti acara2 ultah pada umumnya, ada acara tiup lilin, pemotongan kue, mendendangkan lagu (hehehe..kalo ini jelas bukan aku yg mengeluarkan suara yg tidak merduku, tp lantunan lagu yang keluar dr anak2 Bassaran...), selain itu ada acara pemberian kado dan ucapan selamat serta buka kado tentunya...hmm..seperti kebanyakan orang yang lagi ultah, menunggu saat-saat membuka kado. Inilah juga yg membuatku tidak sabar diri, dann dikepala hanya terbesit kado apa yg mereka berikan buatku. dari segi umur sj sudah beda apalagi kebiasaan ku yg daang dari kota. hmm...

jalannya acara cukup meriah, kuliahat wajah2 anak Bassaran...ada suatu kepuasan diwajah mereka, yah...mereka sudah sukses membuat kami bahagia...entah, apakah karena kami ada sehingga mereka buat acara seperti ini...atau mungkin seperti ini mmg tradisi acara peringatan hari kelahiran didesa mereka...tawa meledak dimana-mana, suasan rumah mace sangat meriah...dan membuat iri sebagian org tua yg berada diluar rumah dan menimbulkan pertanyaan dilubuk hati mereka "ada apa didalam sana..?".

acara sementara berjalan, rombongan tim KKN (yg juga teman kami, namu beda penempatan) yg lain datang dari desa Bule' masih dalam satu kecamatan. Meraka membawa handycam...wah..sepertinya ini perayaan yang besar, sampai2 org luar datang meliput acara ini. hehehehe...poto-poto, rekam merekam...semua berjalan dengan lancar... semua memancarkan kegembiraan mereka...

ya Allah...aku kahyg membuat mereka bahagia
atau mereka yang membuatku bahagia...

nah..acara yg ditunggu-tunggu...saaatnya membuka kado. malam itu, lumayan banyak kado yang kuterima. segala bentuk dan ukuran ada. yang berbungkus kertas kado sampai koranpun ada, bahkan yang tidak mengnggunakan bungkusan pun ada sehingga semua sudah tau apa yg akan diberikannya untukku. dan untuk yang satu ini, adalah yang pertama aku beritahuan dianatara beberapa kado yg kuterima. seikat jagung dan SALAK...hehehehe, mantaff gan!!

setelah semua kado kubuka, kuamati satu-satu...hmm...kadonya begitu beragam dan cukup mewakili kebutuhan yang aku perlukan selama masa KKN ini. yah...bukan hanya bisa dinikmati dikota saja..ditempat ini juga..cuman ada beberapa yg unik diantara kado-kado mereka. malam itu aku mendapat 2 buah kaos, kelihatannya mereka tahu kalo pakaian yg aku bawa tidak begitu banyak atau mereka tahu kalo begitu banyak pakaian kotorku yang menumpuk. hehehe...
ada juga 1 pack rokok (hmm..aku lupa mereknya..) yang pasti rokok ini sangat sulit sekali ditemukan dikota, di pasar swalayan saja tidak ada. mungkin kandungan Nikotin dan Tarnya tidak ditakar dengan baik oleh sang produsen. hehehe... ya ngga papalah, rook kuterima..lagian ada juga teman KKNku yg rela mengisapnya...hehehe...

selain kaos dan rokok ada juga makan ringan, dan sepertinya tidak terdaftar diBadan Pengawas Obat dan Makanan...hehehe...yah, sepertinya ini produk lokal. oia, ada sebuah makan ringan yang paling kugemari..hmm...belum sebulan kebersamaan kami, anak2 desa bassaran sudah tahu apa kegemaran kami, dan benar saja mereka menghadiahkanku sebungkus kue khas enrekang "BEPPA KATUE" (semoga benar penulisannya..).

malam semakin larut saja, hmm..ini malam yg indah bagiku...walaupun tersa lelah tp kegembiraan memelukku dengan erat malam itu.

terima kasih kawan, terma kasih adek2 Bassaran dan terima kasih orang2 di Bassarn. Kalian menerima kami dengan baik.

Dan kami sepakat, menjadikan desa Bassaran sebagi kampung halaman kami yg kedua...
pace - mace dan keluarga sebagai keluarga besar kami...
kami akan selalu mengingat kebaikan dan kesabaran kalian menghadapi mahasiswa-mahasiswa kota yg bisa dibilang acuh. Desa kalian terukir abadi dimasing-masing pribadi kami.

ucapan terima kasih kutujukan buat:
- bang Yadin (koorcam) dan hafid (selaku orang yg berdarah Enrekang, yang menemukan 'surga' bagiku)
- pihak fakultas dan jurusan yang memfasilitasi KKNku (Pak Gassing yg telah mengantar kelokasi)
- teman-teamn KKNku satu lokasi dan lokasi lain (Angakatan XIII KKN profesi FT-UH)
- Pak Desa yg telah menerima kami dan menunjuk Istana sebagai kediaman KKNku
- Pace - macenya ratih dan keluarga, yang dapurnya telah kami kuasai
- Warga Desa Bassaran
- Ibu Guru dan pengelola masjid bassaran
- semua pihak

:D

*mantaff mentong KKNku...
mantaff mentong ulang tahunku...

1 comment:

inart said...

Serunya tawwa ulang tahunx
sederhana tp berkesan